SOAL XI MULTIMEDIA MENGUASAI CARA MENGGAMBR KUNCI UNTUK ANIMASI KUNCI JAWABAN - MUATAN LOKAL BLOGGER KITA

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Rabu, 07 Maret 2018

SOAL XI MULTIMEDIA MENGUASAI CARA MENGGAMBR KUNCI UNTUK ANIMASI KUNCI JAWABAN

A.    soal kk6 2 Pilihan Ganda
1.       Hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak disebut dengan….
A.    Film
B.     Movie
C.      Animasi
D.    Cinema
E.      Diorama
2.      Dalam bahasa inggris berdasarkan arti harfiah, kata animasi (animate) artinya….
A.    menghidupkan serta menggerakan benda mati
B.     Menyembah benda mati dan berhala
C.     Makhluk hidup dalam golongan hewan
D.    Sesuatu yang mengasyikan
E.     Hasil kreativitas manusia
3.      Berikut ini merupakan kaidah-kaidah dalam pembuatan film animasi, kecuali. . . .
A.    Kaidah Penciptaan Gerak
B.     Kaidah Pengaturan Waktu (timing)
C.      Kaidah Sebab Akibat
D.     Kaidah Gerakan Newton
E.     Kaidah Relativitas Einstein
4.      Teknik animasi untuk membuat objek yang dimanipulasi secara fisik agar terlihat bergerak sendiri, dan biasanya dibuat dari gabungan dari foto-foto, dengan mayoritas tokoh animasinya dibuat menggunakan lilin/tanah liat adalah animasi….
A.    Animasi komputer
B.      Animasi stop motion
C.     Animasi komputer
D.     Animasi 3 dimensi
E.      Animasi model
5.      Nama lain dari animasi stop motion adalah….
A.    Clay motion
B.     Kartun
C.     Manga
D.    Rare motion
E.      Photo motion
6.      Berikut ini yang bukan merupakan jenis dari animasi stop motion adalah….
A.    Tanah Liat (Clay)
B.      Guntingan (Cutout)
C.     Gambar (Graphic)
D.    Aktor Hidup (Pixilation)
E.     Mayat Hidup (Zombie)
7.      Berikut ini yang merupakan contoh serial film yang dibuat dengan teknik Animasi stop motion adalah….
A.    Spongebob Squarepants
B.     Shaun The Sheep
C.     Avatar The legend of Ang
D.    Donald Duck
E.     Transformer
8.      Yang  bukan merupakan kekurangan dari animasi stop motion adalah….
A.    Proses pengerjaan yang relativ lama
B.     Harus memiliki konsep yang matang
C.     Harus memiliki ketelitian dan ketelatenan
D.    Keterbatasan gerak objek
E.     Dapat dibuat dengan hanya menggunakan still camera
9.      Cara menambah frame pada flash adalah ….
A.    Insert > Frame
B.     Delete > Frame
C.     Insert > Timeline Effects > Frame
D.    Insert > Timeline > Frame
E.     Insert > Frame > Frame
10.  Pada animasi tradisional, objek utama yang mengeksploitir gerak dibuat terpisah dengan latar belakang dan depan yang statis untuk menghemat pembuatan gambar. Istilah untuk gambar latar belakang adalah….
A.    Background
B.     Backstage
C.     Backsound
D.    Backbone
E.     Backpacker
11.  Siapakah animator yang membuat film animasipendekdenganjudulHumourous Phases of Funny Facespadatahun 1906-an?
A.    Willis Obrien
B.     Allan J Pincton
C.     Albert E. Smith
D.    Stuart Blacton
E.     George Melies
12.  Studio animasispesialisasi stop motion yang didirikanoleh Peter Lord dan David Sproxton (1972) yaitu….
A.    Aardman Animations
B.     Walt Disney
C.     Lord Animations
D.    Allan Animation
E.     Parked studios
13.  The lost World yang dibuatoleh Willis Obrien merupakansalahsatucontoh film animasi yang objeknyaterbuatdari….
A.    Lilin
B.     Kayu
C.     Clay
D.    Kertas
E.     Batu
14.  Teknik stop motion di mana yang digunakanadalahaktorhidupsebagaisubjek frame-by-frame adalahpengertiandari….
A.    Graphic
B.     Claymation
C.     Pizzigato
D.    Pixilation
E.     Claymotion
15.  Animasitradisionaltertua di duniaadalah….
A.    WayangKulit
B.     Chicken Run
C.     The Humpty Dumpty Circus
D.    A Trip to the Moon
E.     Shaun the Sheep
16.  Software aplikasiberikut yang bisauntukmerangkaidan/ataumembuatanimasi stop motion adalah….
A.    Adobe flash proffesional creative cloud
B.     Adobe flash player
C.     Adobe audition
D.    Auto Desk 3Ds MAX
E.     Photoshop
17.  Peralatan-peralatanberikut yang wajibadauntukmembuatanimasi stop motion adalah….
A.    Kamera video digital, payung reflector, kipas,
B.     Kamerafoto digital, objek yang digerakkan, latarbelakang
C.     Komputer, kamerafoto, objekbergerak, background, objekpendukung
D.    Kamerafoto, objek, backgroung
E.     Objekbergerak, kamera video, komputer, alatpencahayaan
18.  Bagaimanacarauntukmendapatkangambargerak yang haluspadapembuatananimasi stop motion denganteknikfotografi?
A.    Pergerakanobjektidakterlalujauhdariposisisebelumnya, danlebihbanyak frame  yang digunakan
B.     Frame yang digunakantidakterlalubanyak, agar lebihmudahmerangkainya.
C.     Objek yang diambil harus diposisikan dengan cermat,dan pergantian gerak objekjangan terlalu kasar,serta perbanyak frame dengan standar pemutaran frame16 frame per sekon
D.    Ambillah gambar sebanyak banyaknya dengan pergerakan objek yangmengalir teratur
E.     Perhatikanpadaposisikamera yang harussama di posisiawal
19.  Mengapaanimasi stop motion bisadianggapanimasi yang paling mudahdibuat?
A.   Karenabisadibuathanyadengankamerafotobiasadankomputersertatidakmemerlukantim yang banyakbahkanbisadibuatsendirian
B.     Karenaalat yang digunakansangatsederhanadansimpel
C.     Karenasemua orang pastisudahbisamembuatnyatanpalatihankhusus
D.    Karenahanyamembutuhkankesabarandanketelitian
E.     Karenasudahmenjadihalbiasa
20.  Dalam pembuatan animas istop motion,hal yang perlu diperhatikan pada bagian
pemasaranadalah….
A.    Kualitasgambar
B.     Hargapromosi
C.     Norma-normadankebudayaan
D.    Lingkunganpembuatananimasi
E.     Sasaranpenonton
Latihan
  • 1.   1   animasi berasal dari kata animation dalam bahasa inggris to animate yang berarti?
  • 2.   2   animasi dalam dunia pendidikan berperan sebagai?
  • 3.  3    di amerika animasi mulai berkambang pada abad ke berapa?
  • 4.  4    definisi dari animasi adalah?
  • 5.   5   animasi stop motion di temukan pada tahun?
  • 6.    6  salah satu software yang bisa digunkan untuk membuat animasi adalah?
  • 7.    7  animasi yang dikerjakan dengan teknologi komputer adalah?
  • 8.8      penciptaan gambar bergerak dalam lingkungan dua dimensi hanya dua arah disebut?
  • 9.    9  software yang digunakan untuk membuat animasi dua dimensi adalah ?
  • 10.10  menhidupkan memberi jiwa, dan meggerakkan benda mati disebut?                                                                                                                                                                 

jawaban
  • 1.    suatu kegiatan menghidupkan,menggerakkan benda mati.
  • 2.     meningkatkan minat belajar dan pemahaman terhadap suatu bidang ilmu tertentu. Bagi pihak pengajar, animasi dapat mempermudah proses pembelajaran dan pengajaran dalam penyampaian materi kepada siswa. 
  • 3.    pada abad ke 18
  • 4.      gambar yang begerak dan berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar tersebut dapat berupa gambar makhluk hidup, benda mati, 
  • 5.      pada tahun 1960an
  • 6.      blender, macromedia flash
  • 7.      animasi komputer
  • 8.      animasi dua dimensi
  • 9.      adobe flash
  • 10.  animasion

Essay
  1. 1.      proses pembuatan animasi 2 dimensi digital terdiri dari?sebutkan dengan jelas
  2. 2.      sebutkan dan jelaskan jenis-jenis animasi?
  3. 3.      sebutkan dan jelaskan macam-macam pengambilan gambar?
  4. 4.      menurut pemahaman mu apakah yang dimaksud dengan animasi?
  5. 5.      sebutkan langkah-langkah proses dalam pembuatan film animasi?   

jawaban
  • 1.       ter diri dari tiga yaitu PRA PRODUKSI, PRODUKSI dan POST PRODUKSI pra produksi ialah rencana atau langkah awal pembuatan animasi separti membuat stori board, membuat karakter animasi,
  • produksi ialah langkah pembuatan animasi dua dimensi seperti Pembuatan Keyframe dan In Between Scanning, Tracing & Cleaning dan lainnya
  • post produksi ialah langkah akhir seperti editing sound dan vidio editing
  • 2.      animasi 2D(dua dimensi) animasi kartun.
  • animasi 3D(tiga dimensi)animasi kembangan dari animasi dua dimensi. dengan kwalitas lebih
  • animasi stop motion animasi gambar mati menjadi gerak
  • animasi jepang animasi buatan jepang
  • 3.      extream long shot,pengam bilan gambar yang luas dengan menyertakan elemen baground
  • long shot pengambilan dengan tidak memotong bagian obyek
  • medium long shot dengan menggunakan lutut dan atas kepala sebagai batas
  • medium shot dengan mengam bil sebatas pinggang dan atas kepala
  • close up hanya mengambil bagian wajah saja
  • 4.      animasi ialah sebuah gambar yang melibatkan beberapa warna yang dibuat menjadi sebuah film yang bagus.
  • 5.      story boarding, membuat stori board, pambuatan karakter, penentuan karakter
  • pembuatan frame, scanning, pengambilan konsep, dan juga cleaning
  • editing vidio, ngedit vidio. editing sound, ngedit back sounddan lainnya






1 komentar:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Halaman